Optimalisasi Learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar di SMKN 2 Sungailiat


Membumikan Portal Rumah Belajar di Laskar Pelangi/Bumi Serumpun Sebalai yang dikenal sebagai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi misi utama dari peserta pembatik level 4 berbagi.

Sahabat tentunya bertanya - tanya kenapa mengambil kata membumikan, didalam KKBI Daring yang dapat diakses pada link : 


Membumikan mempunyai dua makna diantaranya makna verba kata kerja menanam atau menyimpan kedalam tanah tentunya makna ini berkonotasi negatif bisa diartikan menenggelamkan atau melupakan Portal Rumah Belajar, sedangkan makna yang kedua verba kata kerja kiasan mengandung makna memasyarakatkan...??" nach sahabat makna ini yang dimaksud oleh penulis, penulis berkeinginan untuk berbagi dan memasyarakatkan portal rumah belajar di negeri laskar pelangi/negeri serumpun sebalai yang dikenal dengan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Seperti yang kita ketahui bersama dimasa pandemi covid-19 sekolah yang berada di zona merah dan orange tidak diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka sehingga memerlukan Learning Management sistem (LMS) untuk mendukung pelakasanaan kegiatan belajar dan mengajar secara daring. Pusdatin Kemendikbud telah meluncurkan Portal Rumah Belajar sejak tanggal 15 juli 2011 di usia 9 tahun peluncuran platform pembelajaran daring masih terdapat sekolah, guru dan peserta didik yang hanya tau namanya tetapi belum menggunakan fasilitas pembelajaran daring yang dapat diakses secara gratis.

Beragam kendala yang ditemui menjadi alasan kenapa portal rumah belajar belum digunakan untuk pembelajaran daring, salah satunya kurangnya informasi yang menyetuh secara lansung akan kebutuhan para pendidik saat ini. Membumikan Portal Rumah Belajar menjadi tujuan utama karena dengan dibumikannya rumah belajar di sekolah - sekolah, ruang kelas dan gawai para pendidik maka pemanfaatannya akan maksimal.

Para pengambil kebijakan perlu dilibatkan agar apa yang dilakukan seiiringan sehingga program berjalan lancar, dan alhamdulillah kepala sekolah bapak Tego, S.Ag dan pengawas satuan pendidikan Bapak Drs. Darusman Taufik, M.Pd menyambut baik kegiatan Optimalisasi Learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar yang dilaksanakan pada hari jum'at 02 Oktober 2020 dengan membuka dan memberikan arahan pada saat kegiatan.
Gbr Pengarahan oleh Pengawas Drs. Darusman Taufik, M.Pd


                                             Gbr Foto bersama Kepala Sekolah Tego, S.Ag 
                                              dan Pengawas Drs. Darusman Taufik, M.Pd

Kegiatan Optimalisasi learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar diawali dengan do'a bersama agar kegiatan berjalan lancar dan berkah kemudian dilanjutkan pembukaan sekaligus membuka kegiatan oleh bapak Tego, S.Ag selaku kepala SMKN 2 Sungailiat menyampaikan bahwa kegiatan belajar mengajar harus tetap dilaksanakan baik secara daring maupun luring mengikuti zona penyebaran covid-19 yang tidak bisa diprediksi, setelah pembukaan dilanjutkan pengarahan dari pengawas satuan pendidikan cabang dinas pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wilayah I bapak Drs. Darusman Taufik, M.Pd beliau berpesan agar proses kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan menggunakan pembelajaran abad 21 untuk pelaksanaaan kegiatan belajar dari rumah/daring.

Pengenalaan fitur - fitur dalam portal rumah belajar jadi hal utama dalam kegiatan Optimalisasi Learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar terutama fitur kelas maya yang merupakan fitur yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual antara guru dan siswa sehingga dapat saling berinteraksi secara vitual melaksanakan proses pembelajaran dan memberikan bahan ajar secara digital.

Peserta diberikan penguatan mengenai Optimalisasi Learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar dengan cara mengintregrasikan sumber belajar kedalam  Learning Management Sistem (LMS) agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa dan tujuan pembelajaran dapat terlakasana dengan baik, beragam sumber belajar yang dapat digunakan didalam portal rumah belajar yang disajikan secara interaktif untuk membuat siswa bersemangat mengikuti materi yang akan disampaikan.

Sebagai bentuk evaluasi materi dan ice breaking kegiatan Optimalisasi Learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar peserta diajak bermain kuis Khoot dan peserta yang mendapatkan nilai tertinggi diberikan apresiasi berupa striker rumah belajar.

Gbr Peserta dengan nilai tertinggi

Diakhir kegiatan peserta diberikan alamat blog penulis agar dapat berinteraksi dan mengetahui perkembangan terbaru mengenai portal rumah belajar yang disajikan penulis lewat postingan diblog sehingga peserta dapat membaca info tambahan mengenai portal rumah belajar secara digital dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja

Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar diakhri dengan mengucapkan alhamdulillah sebagai wujud sukur kepada Alloh SWT karena masih diberikan nikmat sehat dan dapat beraktifitas tatap muka di masa adaptasi normal baru yang merupakan hal yang mahal mengingat sosial distancing yang harus dilaksanakan selama masa pandemi covid-19.
Akhir kata saya ucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada sahabat yang telah singgah dan membaca tulisan blog penulis dan sampai jumpa dalam kegiatan membumikan portal rumah belajar di negeri serumpun sebalai selanjutnya.
Gbr. Blog https://amirudinarief.blogspot.com/


Berbagi Inovasi Pembelajaran berbasis TIK mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
#PembatikLevel4
#DRB2020
#RumahBelajar
#PusdatinKemdikbud
#DutaRumahBelajar
#PembatikLevel4Babel
#GuruPenggerak
#GuruBerbagi
#MerdekaBelajar
#Kemdikbud_ri
#IndonesiaMaju




2 Komentar untuk "Optimalisasi Learning Management Sistem (LMS) & Sumber Belajar Rumah Belajar di SMKN 2 Sungailiat"

Keren pak 👍
Semngat terus pk untuk beebagi

Terimaksih ibu,
semangat untuk berbagi

Terimakasih telah berkunjung keblog Am.tech

Back To Top