Merdeka Belajar_RPP1Lembar

Hai..Sahabat pembelajar
Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam program merdeka belajar salah satunya penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dituangkan dalam surat edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang ditujukan kepada seluruh kepala dinas pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia terdiri dari  empat (4) komponen diantaranya:


  1. Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif dan berorentasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (Tiga belas) komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah diatur dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan Dasar dan Menengah yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah - langkah (Kegiatan) pemeblajaran, dan penilaian pembelajaran (assement) yang wajib dilaksanakan oleh guru sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, Kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, kelompok kerja guru/musyawarah  mata pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat,menggunakan dan mengembangkan format Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara mandiri untuk sebesar - besarnya keberhasilan murid
  4. Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1,2 dan 3,
Bearapa Jumlah Komponen RPP?
Ada tiga (3) komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah - langkah pembelajaran (Kegiatan), dan penialaian pembelajaran (asesment),  komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid, kegiatan belajar dan asesmen dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) ditulis secara efisien.

Penulis memcoba membuat aplikasi 
Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam bentuk excel sederhana untuk mempermudag pekerjaan administrasi sebagai guru yang mengacu pada surat edaran Mendikbud no. 19 tahun 2019 tentang penyederhanaan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), adapun aplikasi tersebut dapat bapak/ibu pergunakan secara gratis dengan download link berikut: RPP 1 Lembar Otomatis.


Tutorial penggunaan aplikasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 1 lembar yang dikembangkan oleh penulis dapat bapak/ibu akses pada tautan video berikut:

Terimaksih telah membaca tulisan blog aa berbagi, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau masukan mengenai tulisan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ataupun blog secara keseluruhan dan klik ikuti/follow blog aa berbagi agar dapat mengetahui tulisan terbaru.

Berbagi Inovasi Pembelajaran berbasis TIK mewujudkan Merdeka Belajar
Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
#PembatikLevel4
#DRB2020
#RumahBelajar
#PusdatinKemdikbud
#DutaRumahBelajar
#PembatikLevel4Babel
#GuruPenggerak
#GuruBerbagi
#MerdekaBelajar
#Kemdikbud_ri
#IndonesiaMaju
2 Komentar untuk "Merdeka Belajar_RPP1Lembar"

Terimakasih pak Arif, sungguh kreatif dan inovatif...

Terima kasih sdh mengerjalan tugas blognya dengan baik.

Terimakasih telah berkunjung keblog Am.tech

Back To Top