Capain Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka

Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 033/H/KR/2022

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD, untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu tempuhnya (fase). Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi dan cara atau jalur untuk mencapainya. Agar bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu mengetahui titik awal keberangkatan para peserta didik. Sistematika Capaian Pembelajaran sebagai berikut:

  • Rasional
  • Tujuan
  • Karakteristik
  • CP

Komponen Capaian Pembelajaran:

Rasional Mata Pelajaran

Rasional Mata Pelajaran memuat isi mengenai: Pengertian mata pelajaran, Posisi mata pelajaran dalam kurikulum merdeka, Pendekatan pembelajaran dan Kontribusi terhadap profil pelajar Pancasila.

Tujuan Mata Pelajaran

Tujuan mata pelajaran memuat isi mengenai kemampuan yang perlu dicapai pelajar setelah mempelajari mata pelajaran tersebut.

Karakteristik Mata Pelajaran

Karakteristik Mata Pelajaran memuat isi mengenai: Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran dan Elemen-elemen mata pelajaran serta deskripsinya.

Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan

Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan memuat isi mengenai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Dibuat dalam bentuk pernyataan yang disajikan dalam paragraf yang utuh.

Capaian setiap fase menurut elemen

Capaian setiap fase menurut elemen dibuat dalam bentuk matriks. Setiap elemen dipetakan menurut perkembangan siswa.

Capaian Pembelajaran dirumuskan dalam bentuk Fase, bukan per tahun dan selalu berpusat pada siswa, bukan pada ketuntasan materi.

Capaian Pembelajaran dirumuskan dalam bentuk Fase

Prinsip penyusunan CP menggunakan pendekatan konstruktivisme yang membangun pengetahuan dan berdasarkan pengalaman nyata dan kontekstual. Menurut teori belajar konstruktivisme (constructivist learning theory), pengetahuan bukanlah kumpulan atau seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah untuk diingat. Konsep “Memahami” dalam Capaian Pembelajaran (CP) dalam konstruktivisme adalah proses membangun pengetahuan melalui pengalaman nyata. Pemahaman tidak bersifat statis, tetapi berevolusi dan berubah secara konstan sepanjang siswa mengonstruksikan pengalaman-pengalaman baru yang memodifikasi pemahaman sebelumnya.

Enam Aspek/Facet Pemahaman merupakan cara untuk mengkonfirmasi pemahaman siswa atas apa yang telah mereka pelajari dan tidak hirarkis/bukan merupakan siklus. Jika siswa melakukan salah satu dari keenam Aspek/Facet Pemahaman ini (mampu menjelaskan, menginterpretasi, menerapkan/mengaplikasikan, berempati, memiliki sebuah sudut pandang, atau memiliki pengenalan diri), berarti mereka telah mendemonstrasikan sebuah tingkat pemahaman. Enam Aspek/Facet Pemahaman ini merupakan modal untuk menentukan Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), menentukan asesmen, dan instruksi yang tepat.

Enam (6) Aspek Pemahaman (Wiggins and Tighe, 2005)

Capaian Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan terdiri dari dua kelompok Mata Pelajaran

Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran pada kelompok umum

Capaian Pembelajaran mata pelajaran kelompok umum mengacu pada Capaian Pembelajaran yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran pada kelompok kejuruan

Capaian Pembelajaran mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian (Fase E) dan Konsentrasi Keahlian (Fase F) dikembangkan oleh Pemerintah. satuan pendidikan bersama dunia kerja dapat mengembangkan kontekstualisasi capaian pembelajaran dan menuangkannya dalam tujuan pembelajaran serta perencanaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik konsentrasi yang diselenggarakan.

Berikut Capaian Pembelajaran Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan atas embelajaran Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Medeka:


Demikian informasi mengenai perubahan Capaian Pembelajaran Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan atas embelajaran Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Medeka, Semoga bermanfaat~AM.Tech
0 Komentar untuk "Capain Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka"

Terimakasih telah berkunjung keblog Am.tech

Back To Top