Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 033/H/KR/2022 |
Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD, untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran. Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu tempuhnya (fase). Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi dan cara atau jalur untuk mencapainya. Agar bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu mengetahui titik awal keberangkatan para peserta didik. Sistematika Capaian Pembelajaran sebagai berikut:
- Rasional
- Tujuan
- Karakteristik
- CP
Komponen Capaian Pembelajaran:
Rasional Mata Pelajaran
Rasional Mata Pelajaran memuat isi mengenai: Pengertian mata pelajaran, Posisi mata pelajaran dalam kurikulum merdeka, Pendekatan pembelajaran dan Kontribusi terhadap profil pelajar Pancasila.
Tujuan Mata Pelajaran
Tujuan mata pelajaran memuat isi mengenai kemampuan yang perlu dicapai pelajar setelah mempelajari mata pelajaran tersebut.
Karakteristik Mata Pelajaran
Karakteristik Mata Pelajaran memuat isi mengenai: Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran dan Elemen-elemen mata pelajaran serta deskripsinya.
Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan
Capaian dalam setiap fase secara keseluruhan memuat isi mengenai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Dibuat dalam bentuk pernyataan yang disajikan dalam paragraf yang utuh.
Capaian setiap fase menurut elemen
Capaian setiap fase menurut elemen dibuat dalam bentuk matriks. Setiap elemen dipetakan menurut perkembangan siswa.
Capaian Pembelajaran dirumuskan dalam bentuk Fase, bukan per tahun dan selalu berpusat pada siswa, bukan pada ketuntasan materi.
Capaian Pembelajaran dirumuskan dalam bentuk Fase |
Enam Aspek/Facet Pemahaman merupakan cara untuk mengkonfirmasi pemahaman siswa atas apa yang telah mereka pelajari dan tidak hirarkis/bukan merupakan siklus. Jika siswa melakukan salah satu dari keenam Aspek/Facet Pemahaman ini (mampu menjelaskan, menginterpretasi, menerapkan/mengaplikasikan, berempati, memiliki sebuah sudut pandang, atau memiliki pengenalan diri), berarti mereka telah mendemonstrasikan sebuah tingkat pemahaman. Enam Aspek/Facet Pemahaman ini merupakan modal untuk menentukan Tujuan Pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), menentukan asesmen, dan instruksi yang tepat.
Enam (6) Aspek Pemahaman (Wiggins and Tighe, 2005) |
Capaian Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan terdiri dari dua kelompok Mata Pelajaran
Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran pada kelompok umum
Capaian Pembelajaran mata pelajaran kelompok umum mengacu pada Capaian Pembelajaran yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran pada kelompok kejuruan
Capaian Pembelajaran mata pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian (Fase E) dan Konsentrasi Keahlian (Fase F) dikembangkan oleh Pemerintah. satuan pendidikan bersama dunia kerja dapat mengembangkan kontekstualisasi capaian pembelajaran dan menuangkannya dalam tujuan pembelajaran serta perencanaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik konsentrasi yang diselenggarakan.
Berikut Capaian Pembelajaran Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan atas embelajaran Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Medeka:
0 Komentar untuk "Capain Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka"
Terimakasih telah berkunjung keblog Am.tech