Informatika untuk kelas X ( fase E ) SMK Seluruh Program Keahlian

Sumber: http://kurikulum.ditpsmk.net/smkpk/buku


Informatika untuk kelas X ( fase E ) SMK Seluruh Program Keahlian. pada jenjang pendidikan SMK dan hanya diberikan pada fase E. Buku ini ditulis sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa, juga ditulis secara umum dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Jalan Jendral Sudirman Gedung E Lantai 12-13, Senayan, Jakarta 10270.

Buku 
Informatika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruanterdiri dari 5 BAB dengan rincian sebagai berikut:

PENDAHULUAN

A. Rasional, B. Ruang Lingkupan, C. Tujuan Mata Pelajaran, D. Strategi Pembelajaran, E. Media Pembelajaran, F. Proses Pembelajaran, G. Evaluasi Pembelajaran.

BAB I. BERPIKIR KOMPUTASIONAL

Tujuan Pembelajaran, Peta Konsep Materi, Apersepsi, A. Proposisi; 1. Pengertian, 2. Kalimat - Kalimat Proposisi, 3. Proposisi Majemuk., B. Negasi/Ingkaran, Konjungsi, Disjungsi, Implikasi dan Inferensi; 1. Negasi/Ingkaran, 2. Konjungsi, 3. Disjungsi, 4. Implikasi, C. Penalaran Deduktif, Induktif dan Abduktif; 1. Deduktif, 2. Induktif, 3. Abduktif, D. Logika Inferensi; 1. Jenis Inferensi, 2. Contoh Logika Inferensi, E. Penerapan Negasi, Konjungsi dan Disjungsi; 1. Negasi, 2. Konjungsi, 3. Disjungsi, F. Bilangan Biner dan Heksadesimal; 1. Biner, a. Konversi dari Biner ke Desimal, b. Konversi dari Desimal ke Biner, 2. Heksadesimal; a. Konversi dari Desimal ke Heksadesimal, b. Konversi dari Heksadesimal menjadi Desimal, c. Konversi dari Heksadesimal menjadi Biner, G. Operator Logika Proposional; 1. Pengertian; a. Logika Proposisi,b. Proposisi, 2. Notasi Proposisi, 3. Operator Logika, H. Pemecahan Masalah (Problem Solving); 1. Konsep Pemecahan Masalah; a. Pengertian Pemecahan Masalah, b. Tahapan Pemecahan Masalah, 2. Identifikasi Masalah, 3. Brainstorming; a. Pengertian, b. Kreativitas Manusia, c. Faktor Matinya Ide Pendidikan dalam Brainstorming, d. Brainstorming Skala Besar, e. Prinsip Brainstorming, f. Prosedur Brainstorming, g. Kelebihan Brainstorming, h. Brainstorming Bagi Pelajar, 4. Pengenalan Pola (Pattern Recognition); a. Machine Vision, b. Optical Character Recognition (OCR), c. Computer Aided Diagnosi, d. Speech Recognition; 1) Jenis – Jenis Speech Recognition, 2) Proses Kerja Alat Speech Recognition, 3) Penerapan Speech Recognition, 4) Kesimpulan; e. Face Recognitio, f. Biometrics, g. Image Data Base Retrieval, h. Data Mining; 1) Pengertian, 2) Fungsi, 3) Metode, 4) Permasalahan, 5) Contoh Penerapan, i. Bioinformatic, Bidang Bioinformatika; 1) Biophysics, 2) Computational Biology, 3) Medical Informatics, 4) Cheminformatics, 5) Genomics, 6) Mathematical Biology, 7) Proteomics, 8) Pharmacogenomics, 9) Pharmacogenetics, j. Alternatif Pemecahan Masalah; 1) Pemilihan Masalah (Define the Problem), 2) Analisa Masalah (Analyze the Problem), 3) Buat Daftar Solusi Alternatif (Identify Alternative Solution), 4) Pilih Solusi Terbaik (Select the Best Solution); a) Trial and Error, b) Analisis Akar Penyebab, c) Algoritma, d) Brainstorming, e) Analogi, f) Bekerja mundur, g) Means End analysis, h) Brute force, i) Hill Climbing, 5. Asessmen; a. Tugas Mandiri, b. Tugas Kelompok, c. Penilaian Mandiri.

BAB II. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Tujuan Pembelajaran, Peta Konsep Materi, Apersepsi, A. Pencarian Informasi Digital; 1. Google, 2. Aplikasi Percakapan (Chating), 3. Aplikasi Pertemuan Online, 4. Latihan Pengetahuan, B. Aplikasi Pengolah Kata; 1. Fitur Dasar Office Word; a. Font dan Paragraf, b. Paragraph, c. Find, Replace, Select dan Editing, 2. Insert; a. Table; 1) Membuat Tabel, 2) Menggabungkan Cell, 3) Style Tabel 4) Menyisipkan Ilustrasi; a) Mneyisipkan Gambar, b. Membuat Grafik/Chart, c. Header, Footer, Page Number; 1) Header dan Footer, 2) Equation dan Symbol, 3. Page Layout; a. Margin, b. Orientation, c. Size, d. Colum, 4. Fitur Lanjutan Ms Word; a. References, b. Mailing, 5. Latihan Pengetahuan, C. Aplikasi Pengolah Angka, 1. Fitur Dasar Office Excel; a. Fitur Autofit, b. Adjust Size, c. Pemformatan Nomor, d. Grafik, 2. Fitur Lanjut Ms. Excel; a. Formula, b. Fungsi Umum, c. Fungsi Logika IF, d. Fungsi Library, 3. Diagram Alir Menggunakan Ms Word, 4. Latihan Pengetahuan; D. Aplikasi Presentasi (Powerpoint); 1. Fitur Dasar Powerpoint; a. Membuat Slide Baru, b. Design, 2. Fitur Lanjut (Transisi dan Animasi), a. Transisi dan Animasi, b. Hyperlink, c. Slide Show, 3. Latihan Pengetahuan, E. Printer dan Scanner, 1. Printer, 2. Scanner, 3. Latihan Pengetahuan, F. Aplikasi Fotografi dan Videografi; 1. Fotografi, 2. Videografi, 3. Latihan Pengetahuan, G. Asessmen; 1. Tugas Mandiri, 2. Tugas Kelompok, 3. Penilaian Mandiri.

BAB III. SISTEM KOMPUTASI (SK)

Tujuan Pembelajaran, Peta Konsep Materi, Apersepsi, A. Perangkat Keras Komputer; 1. Komponen Perangkat Input; a. Keybooard, b. Mouse, c. Touchpad, d. Scanner, 2. Komponen Perangkat Output, a. Monitor, b. Printer, c. Proyektor, d. Speaker, 3. Komponen Perangkat Proses, a. Central Processing Unit (CPU), b. Random Access Memory (RAM), c. Video Graphics Array (VGA), d. Motherboard, 4. Komponen Perangkat Media Penyimpanan; a. Hardisk; 1) Parallel Advanced Technology Attachment (PATA), 2) Serial Advanced Technology Attachment (SATA), 3) Solid State Drives (SSD), b. Optic Drive, c. USB Flash Memory, 5. Latihan Pengetahuan, B. Perangkat Lunak Komputer; 1. Sistem Operasi; a. Windows, b. Linux, c. MacOs, 2. Aplikasi Penjelajah Internet; a. Internet Explorer, b. Microsoft Edge, c. Google Chrome, d. Safari, e. Firefox, 3. Aplikasi Persuratan; a. Google Mail, b. Yahoo Mail, c. Outlook, 4. Aplikasi Pembaca Multimedia;  a. Windows Media Player, b. Winamp, c. VLC Player, 5. Aplikasi Pengolah Multimedia; a. GIMP, b. Audacity, c. Cyberlink PowerDirector, 6. Aplikasi Penyimpanan Online;  a. Google Drive dan Microsoft OneDrive, b. Google Drive 1) Mendaftar Akun Google, 2) Mengenal Lingkungan Google Drive, 3) Membuat File Direktori Baru, 4) Membuat Dokumen dengan Google Docs, 5) Membuat Google Spreadsheet, 6) Membuat file Presentasi dengan Google Slide, 7) Mengunduh, Mengunggah dan Membagikan Fil, c. Microsoft OneDrive; 1) Mendaftar Akun Microsoft OneDrive, 2) Mengenal Lingkungan Microsoft OneDrive, 3) Membuat File Direktori Baru, 4) Membuat Dokumen Baru dengan Microsoft Office Word, 5) Membuat Workbook dengan Microsoft Office Excel, 6) Membuat Presentasi dengan Microsoft Office Powerpoint, 7) Mengunduh, Mengunggah dan Membagikan File, 7. Latihan Pengetahuan, C. Instalasi Sistem Operasi;  1. Booting menggunakan DVD/USB, 2. Menentukan Partisi Hard Drive, 3. Personalisasi, 4. Latihan Pengetahuan D. Asessmen, 1. Tugas Mandiri, 2. Tugas Kelompok.

BAB IV. JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET (JKI)

Tujuan Pembelajaran, Peta Konsep Materi, Apersepsi, A. Mengenal jaringan; 1. Jaringan Lokal, a. Komponen yang dibutuhkan dalam jaringan, 1) Hardware untuk Jaringan; a) Komputer Client, b) Komputer Server, c) Network Interface Card (NIC), d) Wireless Card, e) Router, f) Modem / Onu, g) Access Point / Repeater, h) Switch / Hub, 2) Kabel Jaringan; a) UTP, b) STP, c) Coaxial, d) Fiber Optic, b. Layout Jaringan Lokal, c. Cara Kerja Jaringan Lokal, d. Membuat Jaringan Lokal,  e. Mengamankan Jaringan Lokal, f. Keuntungan Menggunakan , 2. Jaringan Internet, a. Kegunaan Internet; 1) Internet Sebagai Media Komunikasi, 2) Internet sebagai media promosi, 3) Internet sebagai Media Komunikasi Interaktif, 4) Internet sebagai alat Research and Development, 5) Internet sebagai Pertukaran Data; b. Sejarah Internet, c. Pertumbuhan Int, d. Koneksi Internet, 3. Latihan Pengetahuan, B. Konfigurasi jaringan; 1. Konfigurasi Bluetooth, 2. Konfigurasi hotspot, 3. Konfigurasi LAN, 4. Konfigurasi access point / wireless router, 5. Latihan Pengetahuan, C. Komunikasi Via Jaringan; 1. Menggunakan aplikasi internet, 2. Menggunakan aplikasi sharing data, 3. Menggunakan aplikasi surat elektronik (email), 4. Menggunakan aplikasi pesan (chatting), 5. Menggunakan aplikasi online meeting (video conference), 6. Latihan Pengetahuan, D. Asessmen, 1. Tugas Mandiri, 2. Tugas Kelompok, 3. Penilaian Mandiri, E. Refleksi, F. Pengayaan.

BAB V. ANALISIS DATA

(A) Tujuan Pembelajaran, Peta Konsep Materi, Apersepsi, A. Informasi Digital; 1. Pengertian, 2. Identifikasi Informasi Digital; a. Pesan Elektronik (e-mail), 1) Email Promosi, 2) Email Phising, 3) Email Penawaran Hadiah, 4) Email Penipuan Identitas, 5) Penipuan dalam bentuk Lampiran, 6) Email Spam, b. Informasi Melalui Pesan Pribadi, 1) Periksa URL atau Alamat Situs Website, 2) Baca sebelum berinteraksi, 3) Informasi Multimedia, 3. Keamanan Informasi Digital, 4. Ancaman Informasi Digital, a. Malware, b. Pencurian Kekayaan Intelektual, c. Pencurian Identitas, d. Sabotase Situs Web, e. Pemerasan Informasi, 5. Kelemahan Informasi Digital, a. Keamanan Data, b. Kejahatan dan Terorisme, c. Masalah Priva, d. Pemutusan Hubungan Sosial, e. Plagiarisme dan Hak Cipta, f. Ketergantungan yang Berlebihan, 6. Latihan Pengetahuan, B. Penerapan Keamanan Sederhana; 1. Memasang Password Dokumen, 2. Melakukan Enkripsi Teks, 3. Akses Kontrol Lingkungan Komputer, 4. Latihan Pengetahuan, C. Pengumpulan Data; 1. Jenis - jenis pengumpulan data; a. Pengumpulan Data Primer, b. Pengumpulan Data Sekunder, 2. Pentingnya pengumpulan data; a. Mengurangi Kemungkinan Kesalahan b. Engambil Keputusan, c. Hemat Biaya dan Waktu, d. Mendukung kebutuhan dari ide, gagasan, atau inovasi baru, 3. Metode pengumpulan data; a. Wawancara, b. Kuesioner, c. Studi Kepustakaan, 4. Latihan, D. Asessmen;  1. Tugas Mandiri, 2. Tugas Kelompok.


Selengkapnya buku Informatika untuk kelas X ( fase E ) SMK Seluruh Program Keahlian dapat di unduh pada tautan dibawah:

Link download Buku Informatika untuk kelas X ( fase E ) SMK Seluruh Program Keahlian Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (disini

sumber :http://kurikulum.ditpsmk.net/smkpk/buku

Demikian informasi tentang Buku Informatika untuk kelas X ( fase E ) SMK Seluruh Program Keahlian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan. Semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca tulisan blog AM.Tech


0 Komentar untuk "Informatika untuk kelas X ( fase E ) SMK Seluruh Program Keahlian"

Terimakasih telah berkunjung keblog Am.tech

Back To Top